Inspirasi

Tips Bikin Proses Konstruksi Bangunan Lebih Efisien

Proses konstruksi merupakan proses yang panjang karena selain waktu, tenaga, dan biaya yang dikeluarkan, efisiensi juga menjadi salah satu faktor yang cukup penting dalam berhasilnya pengerjaan bangunan. Seperti penggunaan beton instan yang penggunaannya lebih efisien dibanding beton konvensional atau juga menerapkan teknologi digital dalam mempersingkat proses konstruksi.

Selain penggunaan beton instan dan penerapan teknologi digital, masih ada beberapa tips lainnya yang dapat kalian ikuti untuk membuat pengerjaan konstruksi kalian jadi lebih efisien lho. Berikut tips yang dapat kalian terapkan.

  1. Gunakan building information modeling (BIM)

            Building information modeling atau yang biasa disebut BIM merupakan suatu teknologi digital yang mencakup informasi terkait desain, konstruksi, hingga maintenance yang terintegrasi dalam model 3D. Dengan pemodelan berbentuk 3D, owner proyek akan lebih mudah memahami gambar teknis yang diajukan oleh kontraktor ketimbang gambar dengan dimensi 2D. Selain itu, BIM juga dapat mempermudah penghitungan volume pekerjaan lebih akurat serta informasi biaya pada tiap komponen pekerjaan, sehingga perkiraan biaya bisa diprediksi dengan lebih tepat.

  1. Terapkan lean construction

Lean construction merupakan konsep yang berfokus pada pengurangan pemborosan (waste) dalam timeline atau waktu pengerjaan proyek konstruksi. Pendekatan yang dilakukan biasanya berfokus pada apa yang benar-benar diinginkan oleh klien, tidak hanya apa yang harus dibangun tapi juga alasan klien menginginkannya. Setelah mendapatkan sudut pandang klien, proses selanjutnya adalah mulai mengukur tingkatan aktivitas, informasi, peralatan hingga bahan serta sumber daya  agar tidak terjadi pemborosan.

  1. Gunakan beton instan agar menghemat waktu dan tenaga kerja

Pemilihan beton instan dapat menjadi opsi untuk efisiensi pengerjaan proyek. Hal ini karena beton instan sudah memiliki takaran bahan yang sesuai, berbeda dengan beton konvensional yang komposisi bahannya cenderung menggunakan perkiraan dan tidak terukur secara jelas.

  1. Rencanakan metode konstruksi yang tepat

Metode konstruksi merupakan tahapan atau prosedur yang dilakukan untuk membangun sebuah bangunan dari awal hingga selesai. Dalam memilih metode konstruksi yang tepat, faktor yang biasanya dipertimbangkan adalah faktor biaya dan waktu, keamanan, dan selalu konsultasikan dengan ahli nya. Mengingat metode konstruksi merupakan proses yang komplek dan memerlukan banyak perencanaan, pengawasan, dan juga penilaian.

  1. Tingkatkan kualitas pekerjaan

Tentu saja dalam pengerjaan konstruksi, kita juga harus meningkatkan kualitas para pekerja, hal ini dapat dilakukan dengan beragam pelatihan. Mengingat sudah banyak sekali ragam teknologi digital yang mampu mempermudah pengerjaan konstruksi. Sehingga tugas kita adalah melatih sumber daya manusianya yang nanti akan mengoperasikan teknologi tersebut.

Itu dia beberapa tips yang dapat meningkatkan efisiensi dari proses pengerjaan konstruksi agar berjalan lebih cepat. Mengingat konstruksi adalah proses yang kompleks dan memakan waktu lama, jangan lupa untuk sering-sering melakukan pengawasan agar tidak terjadi masalah dalam tahapan pengerjaannya ya.

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *